Pages

Labels

Rabu, 22 Januari 2014

Yang Hijau dan Asri "Slovenia"


Ljubljana
 
Bingung saat pertama kali aku harus menyebutkan nama kota ini, menyebutkan dengan lafal Indonesia ataupun Inggris kedengaranannya janggal, “liub’liana” begitu cara menyebutkannya.
Slovenia adalah negara kecil di Eropa tengah yang berbatasan dengan Itali di bagian barat, Kroasia di bagian selatan dan timur, Hungaria di bagian timur laut, dan Austria di bagian utara. Ibukota dan kota terbesar di Slovenia adalah Ljubljana.

Aku meyusuri kota tua Ljubljana membentang di antara Kastil Ljubljana dan dan sungai  Ljubljanica, dengan beberapa gedung tua dari abad pertengahan yang sekarang menjadi toko-toko, café dan restoran. Kemudian lanjut melewati Town Hall ke Cathedral of Saint Nicholas dan pasar tradisional. Setelahnya aku melewati jembatan naga, Zmajski Most, yang di kedua ujung jembatan dipasang 4 patung naga di bagian atasnya. Aku menyeberangi jembatan naga dan jalan kembali ke arah kota tua, lalu berhenti di Preseren Square tempat Franciscan Church of the Annunciation berada. Preseren square yang populer sebagai tempat meeting point cukup ramai saat itu karena cuaca bagus dan hangat sehingga banyak penduduk lokal dan turis jalan-jalan ataupun duduk di café-café atau bangku yang ada disekitar. Dekat Preseren Square berdiri Triple Bridge Tromostovje, 3 jembatan yang berdekatan sama lain yang ramai dilalui orang. Aku kembali ke kota tua untuk makan siang yang aku beli dari restoran take away dan duduk di pinggir sungai Ljubljanica menikmati makan siangku di bawah pohon yang teduh.

Setelah makan siang aku lanjut jalan ke Ljubljana Kastil yang berada di atas bukit untuk melihat pemandangan kota sampai Kamnik Alps. Aku juga melewati beberapa bangunan seperti Gereja Saint James, National Library, Summer Theatre, dan beberapa museum di sekitar pusat kota. Dilanjutkan ke Roman Wall, jalur pendek di sebelah barat pusat kota yang merupakan peninggalan dari tembok kota Romawi jaman dahulu.  

 
Maribor

Maribor adalah kota kedua terbesar di Slovenia setelah Ljubljana. Mengelilingi pusat kota Maribor cukup dengan jalan kaki karena kotanya yang relatif kecil. Bus juga ada untuk ke tempat wisata di luar kota seperti Pegunungan Pohorje. Sore harinya jalan-jalan lewat taman Mestni yang sangat besar untuk ukuran kota Maribor yang relatif kecil. Lanjut naik ke Bukit Piramida yang dipenuhi kebun anggur dan sampai di puncak bukit dimana dulu berdiri Kastil Maribor. Sungguh menyenangkan menikmati pemandangan ke kota Maribor dan sungai Drava.

Setelahnya kembali ke alun-alun kota, Glavni Trg, tempat Mestna hisa Rotovz (Town Hall), Kuzno Znamenje (Plague Column), dan Alojzijeva Cerkev (Aloysius Church), dan beberapa bangunan bersejarah lain berada. Tempat itu juga dipenuhi toko, café, dan restoran. Jalan kaki di lanjutkan ke Lent, bagian kota tua di sepanjang sungai Drava dengan Hisa Stare Trte (Old Vine House) yang memiliki anggur tertua di dunia, menara pertahanan Vodni Stolp (Water Tower), Sodni Stolp (Judgement Tower), dan Jewish part dengan Sinagoga (Maribor Synagogue) yang merupakan Synagogue tertua kedua di Eropa, Zidovski Trg (Jewish Square) dan Zidovski Stolp (Jewish Tower). Sempat juga melihat Stara Trta, pohon anggur yang berumur sekitar 450 tahun dan masuk ke Guinness Book Record sebagai pohon anggur tertua di dunia. Pohon anggur ini tumbuh di depan Old Vine House di Lent. 


 
 -arunia

0 komentar:

Posting Komentar